-->
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified French Italian Dutch English German

Sabtu, 25 Februari 2012

Hal-Hal Yang Memunculkan Kepercayaan Diri

Sebagai Siswa maupun Mahasiswa khusunya, apa kata dunia ?? jika tidak berani untuk berbicara didepan kelas, misal pada waktu persentase ataupun dalam mengikuti organisasinya. Pastinya Kepercayaan dirilah yang menjadi faktor berani tidaknya untuk berbicara didepan kelas.

Berikut beberapa tips yang dapat membantu kalian untuk Memunculkan Rasa Kepercayaan Diri kalian baik itu dalam menghadapi berbicara dikelas maupun dalam segala aspek kehidupan :
      1.       Konsep Diri
Konsep diri meliputi pengetahuan, maksudnya dalam menguasai sebuah materi ataupun bahasan yang dibicarakan, nilai-nilai yang dijunjung tinggi, kebiasaan dan makna sesuatu menurut kalian.
Tanda-tanda konsep diri  :
a.       Sesuatu yang dihasilkan
Kita mendapatkannya dari ayah dan ibu, kemudian dari sekolah, teman, media informasi, diri sendiri, lingkungan masyarakat dan lingkungan keluarga.
b.      Sistematis
Dengan memperoleh konsep diri, juga mendapatkan bahasa, makna dan pengetahuan kalian telah memasuki daerah “tenang” dan “aman”. Sistematis, maksudnya berurutan dalam melakukan suatu hal menjadi baik dan benar, efektif dan efisien. Sehingga jika telah tertata dan efisien maka akan mudah dalam melakukan hal tersebut.
c.       Dinamis
Dalam arti kata, selalu berusaha untuk lebih baik. Dengan syarat, lebih baik menurut konsepnya sendiri, bukan konsep orang lain.
Demikian itu seseorang akan menjadi besar dalam prestasinya. Inilah tuntutan asasi. Masalah biaya berada pada urutan ketujuh dari anak tangga kebutuhannya.
Pr5estasi membuat seseorang merasa maju. Merasa menumbuhkan dirinya menjadi besar. Merasa punya tujan hidup.

      2.       Idola
“ Janganlah mencela diri kalian, tetapi introspeksilah. Belajarlah dari kesalahan-kesalahan kalian. Berusahalah untuk mengembangkan sisi-sisi positif dalam diri kalian. Perbaiki sisi-sisi negative, atau hilangkan. “
Idola meliputi 5 pilar atau bagian :
a.      Bagian ruhani
Kalian Memiliki idola interpersonal, maka kalian tahu asti yang anda inginkan.
b.      Bagian kesehatan
Kalian tahu yang diinginkan, masalah yang anda hadapi dan karakter kesehatan anda.
c.       Bagian kepribadian
Kalian mengetahui harga diri, termasuk bagaimana merealisasikan harga diri tersebut.
d.      Bagian pekerjaan
Kalian tahu di bidang apa akan meraih kesuksesan.
e.       Bagian material
Kalian mengetahui kemana hendak membawa diri anda.

      3.       Citra Diri
“ Seseorang tidak bisa menghakimi orang lain gagal, kuat atau lemah hanya karena kelahirannya. “
Setiap orang dalam dirinya memiliki gmabaran atau pencitraan tentang segala sesuatu. Kalian tidak bisa melihat yang ada pada diri anda, meskipun yang ada dalam diri anda itu sebenarnya merupakan alam hakiki yang menggambarkan lebih dari 90% kemampuan anda.
Jadi, jangan pernah berfikir kalian lemah, tidak bisa, tidak mampu, tidak pantas, kata-kata itu hanya akan memperkecil kepercayaan diri kalian.

      4.       Harga Diri
“ Setiap orang harus menerima dirinya seperti yang ia lihat, juga menintai dirinya dalam keadaan apa pun. “
Harga diri merupakan cara memandang diri sesuai dengan yang anda rasakan. Harga diri adalah penghargaan terhadap diri dan perasaan bahwa anda senang dan mencintai diri anda. Disini kita katakana bahwa seseorang harus mencintai dan menerima dirinya apa adanya, lahir dan batin.

      5.       Prestasi
Setiap orang pasti ingin memiliki prestasi. Siapapun akan berduka karena tidak mencapai apa-apa. Jika kalian memiliki sebuah prestasi misal pernah menjuarai lomba fitsal, festival band ataupun menjadi ketua organisasi maka dengan otomatis akan menambah kepercayan diri kalian dalam berbicara didepan kelas ataupun dalam suatu organisasi.

“ Konsentrasi pada tujuan akan member kalian pencapaian dan kekuatan pikiran. Selama kalian fleksibel, kalian akan berhasil menghindari perasaan negative. “

Tidak ada komentar:

Posting Komentar