-->
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified French Italian Dutch English German

Rabu, 15 Februari 2012

Belajar Efektif Menghadapi Ujian Akhir

         Ini penting sekali jika kalian ingin sukses menghadapi Ujian Akhir Sekolah Dasar(SD), Menengah(SMP), atau Tingkat Atas(SMA). Pada awalnya kemauanlah yang menjadi ujung tombak  yang melahirkan niat dan kesadaran untuk menjadi yang lebih baik lagi. Setiap orang pasti mempunyai rasa malas yang berbeda-beda porsinya sehingga menjadi penghambat dalam mengembangkan kesadarannya.
        Tidak jarang anak sekolah berkata “wah ini pelajaran yang tidak ku senangi, susah, membosankan dan membuat ngantuk malas lah dsb” Ingat ! Perkataan adalah doa, mulutmu harimaumu, sekali kalian berucap begitu maka otak akan tersugesti dan kalian sampai kapanpun akan menjauhi pelajaran tersubut. Mulailah dari sekarang berkatalah “ wah ini pelajaran yang membuat aku bosan dan malas dulu kali ini akan ku coba untuk menyukainya dan menaklukannya sehingga aku tau manfaatyna untuk masa depanku” dengan kata itu dapat membantu memacu kemauan, niat kalian dalam mengembangkan prestasi yang kalian inginkan bukan ??
Beberapa Tips menghadapi Ujian, Langsung Aja :

1.  Buat Daftar Belajar 
Untuk mengawalinya buatlah daftar belajar kalian misal, A. memilih materi yang ingin dipelajari B. Meringkas materi yang dianggap penting C. Menghapalkan isi materi tersebut D. membuat referensi sendiri dsb. Perlu diinggat jangan berpindah daftar belajar jika poin A belum selesai dan berikutnya ini untuk mempermudah proses belajarnya.

2.  Membuat Kelompok Belajar
Teringat waktu SD dulu saya membuat Kelompok Belajar yang terdiri dari teman-teman saya(Alex, Asep, Fanni, Huda, Arsi, dan saya) pada waktu itu akan menghadapi Ujian Akhir Nasional. Kalian dapat membuat kelompok belajar dan kegiatannya kalian bisa saling Tanya jawab, cerdas cermat dengan salah satu teman kalian menjadi penanya/jurinya, dapat juga mengerjakan soal-soal latihan dengan saling tukar pendapat.

3.  Waktu
Seringkali kita menyepelekan waktu belajar sehingga pada waktu akan menghadapi Ujian Akhir saja kalian belajar. Sesungguhnya jauh-jauh hari sebelum Ujian Akhir kalian haruslah belajar Klik Disini Untuk Artikel Tips Sukses Kusai Pelajaran. Dimengerti setiap materi yang keluar setiap harinya jadi tidak kewalahan waktu akan menghadapi Ujian akhir. Sedangkan waktu yang efektif untuk belajar adalah :
a. Siang hari sehabis pulang sekolah dapat kalian gunakan untuk menata buku dan mengerjakan tugas jika ada dan jika tidak kalian dapat membaca pelajaran yang diberikan guru disekolah tadi.
b. Malam hari tapi jangan memakai SKS(sistem kebut semalam) kalian bisa belajar dari jam 07.30 sampai 09.00 kemudian tidur. Nah pada waktu tidur inilah otak akan bekerja dan menambah daya ingat kita untuk pelajaran yang kita pelajari.
c. Pagi hari, kalian dapat bangun jam 5 pagi untuk belajar sampai jam 06.00, menurut pengalaman ribadi saya belajar pada pagi hari otak terasa sangat segar dan daya tangkap terhadap pelajaran sangat tinggi. 
4.  Meringkas Catatan Sesuai Bahasa Sendiri
Menulis ulang catatan yang telah diberikan oleh guru pengajar di kelas, dengan menggunakan bahasa sendiri maksudnya menulis ulang catatan yang mudah kita pahami dan memahaminya. Hindari catatan yang panjang dan bertele-tele carilah pokok pikirannya dan cari pengertiannya. Dengan begitu proses belajar kita langsung ada pokok permasalahannya. 
  
5.  Suasana Tempat Belajar Yang Tenang
Hindari tempat yang berisik serta gangguan-ganguan misal, adik kecil yang terus menangis. Kalian bisa ke etempat saudara. Jika ayah atau ibu menyalakan TV, Radio ataupun MP3 dengan keras suruh mereka dengan sopan untuk mengecilkan volumenya atau mematikannya.
  
6.  Pahami Materi Yang Belum dimengerti
Jangan belajar materi yang sudah dimengerti terus, usahakan mencari materi yang sekiranya belum dimengerti dan pelajarilah hingga benar-benar dimengerti.
  
7.  Manfaatkan Waktu Luang
Biasanya waktu luang ada pada setelah kita tidur siang antara jam 16.30 sampai 18.00, gunakanlah waktu itu untuk membuka-buka kembali materi yang akan dipelajari sehingga dapat menambah kepenguasaan materi kalian.

 8 . Istirahat Dengan Teratur dan Cukup
Jangan biarkan badanmu terlalau lelah dan kekurangan mengistirahatkan badan jika sebentar lagi menghadapi Ujian Akhir, usahakan tidur siang dan tidur malam minimal 6 jam agar badan fress tidak pucat. Belajar yang terus menerus tak baik juga lho ,,, sesekali jika sedang belajar berdirilah, lari ditempat, meregangkan tangan atau olah nafas untuk merefleksikan badan.

 9. Jangan Lupa Berdo’a Kepada Tuhan
Segala sesuatu berada di tanganNYA, manusia hanya dapat berencana tetapi Tuhanlah yang menentukannya. Mintalah KepadaNYA dalam berdo’a untuk selalu diberi kesehatan, kecemerlangan pikiran, jalan petunjuk kebaikan dll yang dapat menambah percaya diri kalian dalam menghadapi Ujian Akhir.
        Mungkin ini saja dulu Tips Belajar Efektif Menghadapi Ujian Akhir semoga dapat membantu kalian yang ingin berhasil dalam Ujian Akhir. Terima kasih telah membacanya. Dan jangan lupa membeir saran yang membangun untuk tulisan-tulisan saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar