-->
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified French Italian Dutch English German

Jumat, 10 Februari 2012

9 Penyebab Terlambat Kesekolah dan Solusinya

        Karena tidak memperhatikan hal-hal yang sepele bisa saja kita terlambat untuk datang menimba ilmu disekolah, sangat disayangkan jika selalu saja kita terlambat. Jika kalian selalu terlambat mungkin di bawah ini salah satu penyebabnya dan pelajari solusinya di bawahnya semoga membantu jika kalian ingin On Time kesekolah :
   1.       Begadang , bangun kesiangan
Selain mengganggu kesehatan kebiasaan begadang ini jga akan berakibat  mengganggu proses belajar disekolah apabila kalian bangun kesiangan otomatis akan terlambat sampai kesekolah. Untuk mengantisipasi hal ini usahakan tidur untuk anak sekolah adalah jam 21.00 setelah belajar. Tidur setelah belajar membuat otak bekerja dan meningkatkan daya ingat kita.
   2.       Rasa malas
Penyebab ini timbul dari dalam diri kita masing-masing setiap orang pasti mempunyai rasa malas dengan porsi yang berbeda. Untuk menghindari rasa malas tanamkan pada diri kita malas adalah setan dan musuh yang harus di kendalikan dan dibuang jauh-jauh.
3.       Lupa mengerjakan PR
Kejadian ini biasa terjadi jia siswa/i menata buku pada saat pagi hari mau berangkat sekolah teringat bahwa ada PR dan mengerjakannya sehingga terlambat sampai kesekolah. Untuk menghindari kejadian ini usahakan menata buku untuk hari esok sepulang sekolah dan mengerjakan PR jika ada hingga selesai.
4.       Ketinggalan bis sekolah
Jika sekolah tidak mengijinkan untuk memakai kendaraan bermotor maka siswa/i biasa memakai jasa bis sekolah, tidak jarang seorang siswa/i ketingalan saat bis sudah di tempat pemberhentian bis. Untuk menghindari hal seperti ini kalian harus bangun lebih awal dan menunggu 10 menit sebelum bis sampai ditempat pemberhentian dan jika sudah ketinggalan carilah segera alternative lain seperti ojek.
5.       Kehabisan bensin / ban bocor
Berangkat sekolah sudah tepat waktu tiba-tiba dijalan motor berhenti karena bensin habis/ban bocor. Untuk menghindari kejadian ini pada sore hari bisa mengecek dulu jumlah bensin dan keadaan ban. Hal yang sepele ini sering terjadi dan menjadi faktor terbanyak penyebab terlambat kesekolah.
6.       Ketinggalan Buku Pelajaran
Hal ini sering terjadi waktu duduk di Sekolah Dasar dulu, sesudah sampai disekolah eh buku pelajaran ketinggalan akhirnya tidak ada pilihan lain dari pada dimarahin guru lebih baik pulang ambil tuh buku. Untuk mengantisipasi hal ini kalian harus persiapkan buku pelajaran di malam hari sebelumnya.
7.       Hujan
Jalan yang licin, becek dan tergenang air tidak memungkinkan kita untuk melaju pasti harus pelan-pelan karena hujan. Kita tidak bisa menghindari hujan, untuk mengantisipasinya jika langit sudah mendung segeralah berangkat pagi-pagi, berangkat lebih awal dari sebelumnya.
8.       Bencana Alam
Kalau untuk yang sedang menerima musibah biasanya dapat pemakluman dari sekolah/guru pembimbing jika terlambat kesekolah misal banjir dan tanah longsor bahkan bias juga kita mendapat izin untuk tidak mengikuti proses belajar/mengajar dengan alas an beres-beres rumah yang terkena musibah tersebut.
9.       Beban Pekerjaan Dirumah
Terkadang seorang anak yang mendapat beban dirumah terlambat kesekolah,misal mengurus dapur karena ibu lagi ngurus adiknya yang banyak dll. Selain itu seorang anak yang sekolah dengan KOS memungkinkan anak itu harus ngurus rumah dengan sendirinya. Untuk menghindari hal ini memang bangun lebih awal suatu solusi yang tepat.
Jadikan penyebab diatas sebagai pembelajaran kalian agar lebih disiplin dalam menjalankan pendidikan, sehingga jika kalian sudah mengetahui apa yang menyababkan kalian terlambat maka kalian bisa mengantisipasinya agar tidak terjadi kembali. Terima kasih telah membaca.

1 komentar:

  1. kami punya solusi agar guru maupun ortu bisa memantau abensi siswa, silahkan kunjungi website kami ABSENSI SISWA

    BalasHapus