-->
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified French Italian Dutch English German

Rabu, 14 Maret 2012

Kenakalan Remaja


      Apakah kamu pernah melihat siswa sekolah berkelahi ? biasanya mereka berkumpul di suatu lokasi dan menunggu siswa sekolah lain yang menjadi musuh bebuyutan mereka. Kemudian, mereka akan saling mengejek hingga akhirnya terjadi aksi saling melempar batu. Kalau melihatnya, mungkin kamu akan merasa takut terkena lemparan.
         Tawuran antar pelajar merupakan salah satu bentuk kenakalan remaja. Kenakalan remaja adalah suatu perbuatan kejahatan tersebut tidak dianggap sebagai suatu pelanggaran. Mereka sering melakukannya hanya untuk bersenang-senang.

      1.       Mengenal Kenakalan Remaja
Mari kita ambil contoh mencuri mangga. Bagi sebagian anak-anak, mencuri mangga merupakan suatu tantangan. Kalau berhasil mancuri mangga, mereka akan dianggap hebat oleh temannya. Mereka juga tidak merasa bersalah karena yang dicuri hanyalah mangga. Harga mangga tidak mahal sehingga mereka tidak merasa merugikan pemilik mangga.

      2.       Penyebab Kenakalan Remaja
Mengapa seorang anak melakukan kenakalan remaja? Jawabannya luas sekali. Kalau seorang anak mau ikut tawuran mungkin karena ia ingin menunjukkan kesetiakawanannya. Kalau tidak mau ikut, ia akan dijuluki tidak setia kawan, penakut, atau sebutan jelek lainnya. Karena kenakalan itu dilakukan bersama-sama, anak itu juga merasa aman. Nanti, kalau tertangkap polisi, mereka akan menanggungnya bersama-sama.
                Anak yang lain mungkin mau mengikuti tawuran remaja karena ia merasa bosan. Di sekolahan, ia merasa tidak tertarik dengan pelajaran. Di rumah, ia tidak memiliki kegiatan lain. Akhirnya, ia memilih untuk tawuran .
                Bagaimana dengan anak yang suka memeras anak lain ? ia mungkin melakukannya karena memang membutuhkan uang. Namun, ada juga anak yang memeras anak lain karena ingin menunjukukan bahwa ia hebat. Anak yang seperti ini tidak akan merasa bersalah.

      3.       Mengatasi Kenakalan Remaja
Masalah kenakalan remaja merupakan salah satu permasalahan sosial yang berat dibnegara ini. Setiap tahun, jumlah pengguna narkoba bertambah. Di kota-kota besar, masih terdapat tawuran antar pelajar, bahkan mahasiswa. Tidak mudah mengatasi kenakalan remaja. Namun, kita bisa mulai mengatasinya dari diri kita sendiri.
a.       Tawuran
-          Yakinkan dirimu bahwa tawuran bukanlah perbuatan yang boleh dilakukan. Bila kamu ditangkap polisi, kamu akan menghadapi masalah.. Orang tuamu akan dipanggil dan kamu akan dikeluarkan dari sekolah.
-          Teman yang mengajak tawuran bukanlah teman yang baik.
-          Beranikan dirimu untuk berkata tidak.
-          Carilah aktivitas yang lebih bermanfaat seperti berolah raga atau ikut kursus.Dengan demikian, kamu tidak akan punya waktu untuk ikut tawuran. Kamu juga memiliki alas an untuk menolak tawuran.

b.      Narkoba
-          Narkoba bukanlah barang yang dapat dicoba-coba. Orang yang sudah menggunakan narkoba akan menjadi pecandu.
-          Teman yang menawarkan narkoba bukanlah teman yang baik. Kamu tidak perlu berteman dengan anak seperti itu.
-          Pikirkanlah akibat bila kamu kecanduan narkoba. Orang tuamu akan sedih dan harus mengeluarkan banyak biaya untuk menyembuhkanmu. Kamu juga akan ketinggalan pelajaran di sekolah. Temanmu mungkin akan menjauhi kamu. Bahkan, kamu dapat berurusan dengan polisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar