-->
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified French Italian Dutch English German

Kamis, 15 Maret 2012

Kejahatan


Di televisi, kamu mungkin pernah melihat pencuri yang ditangkap polisi. Wajahnya lebam-lebam. Atau mungkin juga kamu membaca berita perampokan di Koran-koran. Dalam masyarakat, ada sebagian kecil anggota masyarakat yang suka melanggar aturan yang berlaku. Kejahatan adalah perbuatan yang melanggar aturan hukum. Kalau kamu mencuri, maka perbuatanmu disebut kejahatan. Kalau kamu menipu sehingga orang itu rugi besar, maka perbuatanmu disebut kejahatan.

      1.       Mengenal Kejahatan
Kejahatan itu merugikan orang lain. Orang yang dirugikan dalam kejahatan disebut korban. Orang yang melakukan kejahatan disebut kriminal/penjahat.
      Kejahatan juga memiliki tingkatan. Ada yang berat dan ada yang ringan. Kejahatan disebut ringan kalau kerugian korban tidak besar. Pencurian sandal jepit dapat digolongkan pencurian ringan. Melanggar lalu lintas juga dapat digolongkan kejahatan ringan. Kejahatan disebut berat kalau kerugian korban besar. Orang yang membunuh orang lain disebut kejahatan berat. Mengapa ? karena nyawa yang hi8lang tidak dapat kembali lagi. Mencuri dalam jumlah yang amat besar juga dapat sebut kejahatan berat.

      2.       Penyebab Kejahatan
Mengapa seseorang melakukan kejahatan ? ada banyak alas an mengapa orang melakukan kejahatan. Ada orang yang melakukan kejahatan karena situasi yang terpaksa. Meraka tidak memiliki uang. Padahal mereka membutuhkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Karena mereka tidak memiliki pilihan lain, mereka melakukan kejahatan. Biasanya, ini alasan orang mencuri, merampok atau mencopet.
      Ada juga orang yang melakukan kejahatan karena pergaulan yang salah. Ia sebenarnya orang yang baik, namun karena berteman dengan orang yang jahat, akhirnya ia menjadi jahat juga. Karena itu, kalian harus berhati-hatidalam memilih teman.

      3.       Mengatasi Kejahatan
Mungkin kamu berpikir dalam mengatasi kejahatan adalah tugas polisi. Kamu juga tetap harus melindungi dirimu sendiri. Untuk itu, ada beberapa cara yang kamu lakukan.

            Di rumah
-          Jika orang tuamu pergi, tutuplah pintu dengan rapat dan kunci dengan benar.
-          Jangan bukakan pintu untuk orang yang tidak kamu kenal.
-          Cari tau siapa tetanggamu yang dapat dimintai tolong saat kamu dalam bahaya.
-          Selalu minta izin kepada orang tuamu jika ingin keluar rumah.

Di sekolah
-          Jangan menerima ajakan atau pemberian dari orang asing.
-          Jangan segan-segan mengatakan tidak.
-          Berteriaklah jika ada memaksa mu melakukan sesuatu yang tidak kamu sukai.

Di jalan atau lingkungan
-          Jangan pergi ketempat asing sendirian.
-          Bila kamu pergi ketempat asing. Ajaklah temanmu atau keluargamu.
-          Cari tau dimana kantor polisi terdekat atau tempat-tempat yang dapat kamu mintai tolong.
-          Percayailah nalurimu. Jika kamu merasa tidak nyaman ditempat itu, cepatlah pergi.
-          Selalu beritahu orang tuamu ke mana kamu pergi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar